Sabtu, 04 Februari 2017

Pameran Desain Mobil Solidworks 2017

Bagi mahasiswa teknik, membuat desain tentunya merupakan hal yang tidak asing. Entah itu desain rumah, desain alat, desain mesin, bahkan desain mobil. Ya, saya mendapat projek akhir pada mata kuliah cad lanjutan, untuk membuat sebuah desain mobil. Pada projek ini, kami menggunakan software solidworks yang merupakan salah satu software untuk membuat desain 3dimensi. Dengan syarat ; tidak boleh sama dengan desain mobil yang sudah ada, baik interior, eksterior, sistem tasis dan casis, dan juga transmisi. Hal ini membuat saya dan teman-teman harus memutar otak. Saya dan teman-teman pun memulai riset kecil, dengan meneliti rangka mobil dibelakang Workshop kampus. Kami mengukur dan melihat sistem tasis pada mobil, juga bagaimana sistem belok sehingga powersteering bisa menggerakkan 4 ban. Setelah mendapat cukup referensi, kami pun melihat-lihat video transmisi di internet, bagaimana gear dapat berputar, berapa buah gear yang diperlukan dan perhitungan mekanika teknik mengenai ukuran diameter gear. Lalu, video mengenai powersteering, bagaimana hubungan antara batang stir sehingga dapat menggerakkan ban, dalam hal ini, divisi sistem belok bekerja sama dengan divisi pengereman, sehingga kami dapat mengetahui bagaimana mobil dapat berhenti ketika rem digunakan. Selanjutnya kami membuat desain, dimana mengenai dimensi sudah dibatasi beradasarkan patokan rangka awak yang sudah dibuat oleh salah seorang teman saya. Dalam kurun waktu lebih kurang satu bulan, kami berhasil menyelesaikan rangka bawah mobil beserta sistem transmisi, sistem belok, sistem pengereman, ban, dan juga awal rangka atas. Waktu yang tersisa tinggal 2 bulan lagi sehingga kami harus mati-matian mengejar desain interior dan eksterior yang "kami" banget, waktu liburan pun ikut terganggu, tapi kami harus menyelesaikan projek ini. Tengtengtengggg!! Setelah hampir selama 3 bulan kami bergelut dengan solidworks, akhirnya kami berhasil menyelesaikan projek mobil! Bukan mobil mainan, ya. Tapi mobil beneran, lengkap dengan sistem transmisi dengan perhitungan yang tepat, desain interior dan eksterior yang kami banget. Terlahirlah sebuah mobil klasik dengan 2 kursi. Setelah mengumpulkan projek ini, dosen kami membuat permintaan bahwa mobil kelompok yang sudah jadi, harus dimodifikasi secara "pribadi", dengan kata lain kami diminta memodifikasi mobil yang kami banget. Dan waktunya cuma 2 minggu. 2 minggu bro.. Saya memutar otak, ini mobil di apain lagi yah?!! Akhirnya saya mencari-cari kesalahan dari mobil kelompok. Oh bodynya! Body mobil kelompok kami disusun secara siku dan flat, tentunya hal ini tidak sesuai dengan mobil pada umumnya. Akhirnya dengan memanfaatkan feature lofted boss, saya memodifikasi body mobil. Saya juga merubah desain bagian belakang dan rangka, saya juga mengubah warna mobil. Sehingga lahirlah sebuah mobil, yang saya beri nama "classy", sebuah mobil sedan dengan 2 kursi yang tampak elegan. Lalu, fase selanjutnya adalah melaksanakan pameran. Dan ini adalah poster saya pada saat pameran solidworks 2017 di Mainhall Politeknik Caltex Riau. Pada kesempatan ini saya diminta dadaka menjadi mc, karena acara ini juga diresmikan pembukaannya oleh Direktur Politeknik Caltex Riau, Bapak Hendriko S.T, M. Eng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar